Manggarai TImur

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:19 WIB

4 minggu yang lalu

logo

“Air Terjun Cunca Wae Dara” yang terletak di tanah Congka Sae Mangarai Timur, Flores-NTT, tepatnya di Kampung Lopa, Desa Golo Leda, Borong (Foto:TeamYPF/Engki Arun)

“Air Terjun Cunca Wae Dara” yang terletak di tanah Congka Sae Mangarai Timur, Flores-NTT, tepatnya di Kampung Lopa, Desa Golo Leda, Borong (Foto:TeamYPF/Engki Arun)

Cunca Wae Dara yang Menakjubkan

Indonesia terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik dan indah yang membuat banyak orang dari seluruh penjuru dunia beramai-ramai mengunjungi negara Pancasila ini. Bukan hanya para  pengunjung dari luar negeri (manca negara) yang memadati objek-objek wisata itu,  tetapi para penikmat keindahan alam dari dalam negeri juga  tak kalah banyaknya mereguk kekayaan alam lewat kecantikkan dan keindahannya. Sebut saja beberapa destinasi wisata yang terkenal yang kita miliki yakni, objek wisata Bali yang sangat masyur di jagat dunia, Raja Ampat di Papua,  Candi Borobudur di Jogyakarta, Danau Kelimutu  di Ende Flores, Komodo di Labuan Bajo, Rumah Hadat Wae Rebo di Manggarai dan masih banyak lagi deretan objek wisata yang ada di alam Indonesia ini yang tak bisa disebutkan satu persatu yang menggambarkan begitu kayanya dan indahnya alam bumi pertiwi ini.

Satu lagi kekayaan dari keindahan alam ini yakni “Air Terjun Cunca Wae Dara” yang terletak di tanah Congka Sae Mangarai Timur, Flores-NTT, tepatnya di Kampung Lopa, Desa Golo Leda, Borong. Secara geografis, Kampung Lopa terletak sejauh lima belas Kilo Meter  ke utara dari Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur. Dengan melewati  lintasan (Borong-Waling-Lopa) pengunjung hanya membutuhkan waktu 1,5 jam menuju ke titik objek wisata tersebut. Ada juga jalur alternatif yakni dari arah Ruteng (Ibu Kota Kabupaten Manggarai) yaitu dengan melintasi jalur ( Ruteng-Bealaing-waling-Lopa)  dengan tempo waktu sekitar 2 jam. Atau jalur Ruteng-Bealaing-Teber-Lopa, dengan tempo waktu dua jam. Sepanjang perjalanan menuju ke Air Terjun Cunca Wae Dara, pengunjung akan menyaksikan keindahan pemandangan alam yang cukup memanjakan mata.


Air terjun setinggi lima belas meter tersebut membentuk butiran-butiran air yang memberi pesona cantik dan mengagumkan.

Air Terjun Cunca Wae Dara adalah salah satu objek wisata yang sangat menarik dan unik. Airnya yang sejuk dan bersih membuat para pengunjung betah untuk berada di sana baik sekedar untuk berekreasi maupun untuk bermandi di sana. Di sekitar area Air terjun tersebut terdapat berbagai jenis pepohonan yang rindang dan hijau yang membuat situasi di sana menjadi begitu segar dan udara di sekitar area Air Terjun menjadi benar-benar sejuk dan segar, membuat pengunjung betah dan nyaman.  Para pengunjung akan menjumpai beberapa jenis tanaman dan pepohonan seperti rumpun bambu, berbegai jenis tumbuhan  paku (pteridophyte), dan tumbuhan-tumbuhan hijau lainnya yang  memberi kesejukan tersendiri di daerah Air Terjun Cunca Wae Dara. Air Sungai Wae Dara sendiri mengalir dari atas ketinggian dengan pusat mata airnya berada di tengah hutan. Ia mengalir menuruni lereng dan lembah di sepanjang hutan yang masih asli dengan pepohonannya yang hijau. Hal ini membuat Air di sungai ini begitu segar, bersih, jernih dan sejuk.

Salah satu hal yang paling unik  yang menambah keindahan tersendiri bagi sungai dan Air Terjun Cunca Wae Dara adalah bebatuannya yang berwarna merah. Hampir di sempanjang sungai, pengunjung akan menyaksikan batu-batu yang berwarna merah dengan air yang jernih mengalir di atasnya. Hal inilah yang melatari pemberian nama Wae (air) Dara (Darah) dalam bahasa setempat (baca: Bahasa Manggarai) terhadap sungai tersebut. Di Sungai Wae Dara inilah letak Air Terjun Cunca Wae darah yang eksotik itu. Jadi sungai itu diberi nama Sungai Wae Dara karena batu-batunya yang berwarna merah seperti darah.

Salah satu hal yang paling unik  yang menambah keindahan tersendiri bagi sungai dan Air Terjun Cunca Wae Dara adalah bebatuannya yang berwarna merah

 Air terjun setinggi lima belas meter tersebut membentuk butiran-butiran air yang memberi pesona cantik dan mengagumkan. Ketika butiran-butiran air itu jatuh dari ketinggian, terlihat sebuah panorama unik berupa pelangi berwarna warni yang sangat indah. Hal ini terjadi karena ada cahaya mentari yang menyinari area air terjun dan seketika tampak fenomena alam berupa pelangi yang indah.

Masih banyak hal yang akan dijumpai oleh pengunjung ketika berkunjung ke Air Terjun Cunca Wae Dara yang membuat para pengunjung betah. Sungguh mengasyikkan bila kita berada di Air Terjun Cunca Wae Dara, serasa bagai surga yang menentramkan.

Laporan: Engki Arun

Artikel ini telah dibaca 290 kali

x