Larantuka

Jumat, 18 Oktober 2019 - 20:22 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Pulau Pasir Meko yang terletak di Desa Meko, Pulau Adonara (Foto: dok Kementerian Pariwisata)

Pulau Pasir Meko yang terletak di Desa Meko, Pulau Adonara (Foto: dok Kementerian Pariwisata)

Pesona Larantuka

Flores sebuah pulau indah yang berada di tengah gugusan Nusa Tenggara Timur akan menggambarkan secara harafiah nama yang dibawa, Flores yang berarti bunga memang memiliki keindahan luar biasa.

Siapa yang tak kenal Maumere, Bajawa hingga Labuan Bajo dengan Komodonya yang mendunia. Flores memang punya pesona yang tiada duanya.

Bahkan jika kita menelisik daerah ujung timur pulau Flores kita dapat menemukan pesona wisata lain yang tak kalah menarik yaitu Larantuka.

Larantuka ibu kota Kabupaten Flores Timur ini mungkin belum setenar daerah wisata lain di pulau Flores. Namun jika bicara tentang keramahan warga serta keindahan alam rasanya tak ada yang perlu dipertanyakan lagi.

Berada di ujung timur Flores membuat Larantuka diberkahi masyarakat bahari yang menjaga kelestarian laut sebagai sumber kehidupannya.

Pantai-pantai berpasir putih menjadi pemandangan memukau bagi para wisatawan yang mengunjungi Larantuka, salah satunya adalah pantai Wery.

Pantai Wery Larantuka (Foto: PlacesMap.net)

Pantai kebanggaan warga Larantuka ini adalah spot terbaik untuk menikmati sunrise Karena posisinya yang menghadap timur.

Letaknya yang dekat dari pusat Kota tak lantas membuatnya hiruk pikuk, pantai ini justru sangat bersih dan damai, hanya debut ombak yang akan menemani saat – saat penuh privasi anda.

Pantai berpasir putih ini tak hanya bisa ditemui di pesisir Pulau, keajaiban alam tersebut juga bisa muncul di tengah laut yaitu di Pulau Pasir Meko yang terletak di Desa Meko, Pulau Adonara.

Pulau Pasir Meko yang terletak di Desa Meko, Pulau Adonara (Foto: dok Kementerian Pariwisata)

Pantai yang terletak tak jauh dari pulau Adonara adalah sebuah keajaiban, uniknya fenomena alam ini hanya bisa terlihat saat air laut sedang surut. Sepanjang mata memandang hanya putihnya pasir pantai yang membatasi birunya langit serta Laut. Berada di sini sambil berjalan menyusuri garis pantai dijamin akan membuat siapapun betah berlama-lama karena keindahannya yang menawan.

Larantuka juga menawarkan keindahan tersembunyi di bawah laut, dengan melakukan aktivitas snorkeling di pesisir pantai keindahan ini sudah bisa dilihat tanpa perlu bersusah payah karena air lautnya yang jernih. Jika belum puas wisatawan yang memiliki lisensi diving dapat pula menjelajahi keindahan bawah laut Larantuka lebih dalam.

Keindahan bawah laut Larantuka (Foto: https://alor-divers.com)

Sebagai daerah yang terletak di antara gugusan pulau-pulau kekayaan hayati Flores Timur memang luar biasa. Berbagai jenis fauna laut serta barisan terumbu karang yang tertata apik dijamin siap mengundang rasa ingin tahu para penyelam untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi.

Lestarinya keindahan bawah laut ini tercipta karena kearifan lokal warga Larantuka yang selalu menjaga keindahan alam layaknya diri mereka sendiri.

Di wilayah dataran tinggi, bersiaplah terkesima dengan eloknya Danau Asmara. Danau yang terbentuk akibat letusan gunung pada abad ke-5 sebelum masehi ini berada di bagian kepala naga pulau Flores tepatnya di desa Waibau Kecamatan Tanjung bunga.

Danau Asmara (Foto:Travel Kompas)

Keindahan Danau asmara jika dilihat dari ketinggian sungguh luar biasa. Jangan pula ragu untuk berinteraksi dengan ramahnya warga setempat, mereka tidak ada keberatan untuk diajak bercengkrama walaupun sedang melakukan aktivitas menenun kain.

Keramahan serta nilai-nilai kearifan lokal yang diwariskan nenek moyang masih terjaga dengan baik di tanah Flores.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 123 kali

x