Sumba

Rabu, 6 November 2019 - 03:45 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Kawasan Bwana Beach (Foto: Facebook)

Kawasan Bwana Beach (Foto: Facebook)

TOP 8 Destinasi Wisata di Pulau Sumba

Floreseditorial.com – Bersyukurlah kamu lahir dan tinggal di Indonesia, sebuah negara yang tak pernah habis akan sumber daya dan keindahan alamnya dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah Tanah Sumba dan flores. Sebuah daerah yang dianugerahi berbagai macam pesona alam yang tak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.

Dengan kondisi topografi alamnya yang didominasi oleh rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur, menjadikan alam NTT sangat menarik untuk dikunjungi.

Berikut Team Floreseditorial.com telah merangkumkannya untuk anda, sejumlah objek wisata yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke NTT.

  • Mandorak Beach

Pantai Mandorak adalah sebuah pantai yang indah di Daerah Sumba. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan berkilau seperti mutiara. Karena keindahan yang dimilikinya, Anda akan betah untuk berlama-lama di pantai ini. 

Mandorak Beach (Foto: GenPi.co)

Gelombang pantai yang sangat kuat merupakan salah satu ciri pantai di pesisir selatan Sumba. Gelombangnya cukup besar namun relatif aman, sehingga pantai ini juga terkenal bagi banyak peselancar internasional. 

  • Wee kuri Lake

Danau Weekuri adalah danau air asin yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.[1]Danau Weekuri terletak sekitar 60 kilometer dari ibu kota kabupaten, Tambolaka.

Weekuri Lake (Foto: sumba.land)

Nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba wee yang berarti air dan kuri yang berarti parutan atau percikan. Danau Weekuri dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan. Danau ini memang dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut. Mitos setempat menyebutkan bahwa Weekuri konon dahulu merupakan nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut

  • Bwana Beach

Untuk menuju ke pantai ini, kita harus turun melewati tebing yang terjal. Meski hanya 10 menit, tapi mampu bikin lutut pegal dan njarem. Biasa guide akan menyediakan guide lokal untuk membantu turun, Jangan lupa memberikan tips, Tips untuk guide lokal tersebut adalah 50rb/orang. Lebih baik dinegokan terlebih dahulu antar kelompok biar sama rata.

Kawasan Bwana Beach (Foto: Facebook)

Pantai yang indah, terdapat batu karang bolong yang seperti goa, besar sekali, waktu kesana hanya ada kita jadi berasa pantai pribadi. Sayangnya sunset tidak terlihat karena berawan. Tapi puas berfoto-foto disana.

  • Tarimbang Beach

Pantai Tarimbang cukup populer dikalangan para peselancar, salah satu keunikannya karena pantai ini dikenal dengan sembilan gulungan ombaknya yang silih datang bergantian

Kawasan Tarimbang Beach (Foto: Backpacker Jakarta)

Pantai Tarimbang cukup terkenal karena sudah memiliki beberapa tempat akomodasi terdekat. Hotel murah di dakat Pantai Tarimbang pun tidak sulit untuk di dapatkan. Jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari ibu kota kabupaten Sumba Timur.

  • Lapopu Waterfall

Air Terjun Lapopu merupakan sebuah air terjun yang terletak di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur serta berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 90 meter dengan tipe berudak-undak. Air terjun Lapopu berada di tepi Sungai Wanokaka dan bersumber dari pecahan sungai Labariri yang muncul dari gua.

Lapopu Waterfall (Foto: Flickr)

Airnya jernih berwana hijau toska dan deras. Pemandangan alam yang indah dan alami membuat air terjun ini kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

  • Wairinding Hill

Bukit Wairinding Terletak di Bagian Timur Sumba, Kecamatan Pandawai. Dan 25 Km dari pusat Kota Waingapu. Bukit ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting video klip lagu “Man Upon The Hill”.

Wairinding Hill (Foto: Tribunnews)

Bukit ini memiliki ciri khas berupa perbukitan lanskap yang sangat indah. Kamu akan merasa seperti berada diatas permadani taman surga yang terhampar diantara banyaknya gundukan tanah hijau serta vegetasi padang rumput yang luas, asri dan menawan.

  • Praijing Village

Kampung adat Praijing merupakan kampung adat yang terletak di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Kampung ini menjadi salah satu destinasi yang dikembangkan pemerintah setempat, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Praijing Village (Foto: Kumparan)

Kampung ini menawarkan pesona sangat indah perkampungan dengan hamparan luas persawahan. Selain itu kampung ini memiliki rumah adat tradisional yang sungguh unik, dimana pada rumah adat terdapat batu-batu megalitik didalamnya.

  • Puru Kambera

Savana Puru Kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas. Gerombolan kuda Sumba akan lebih sering terlihat di saat musim kemarau dibandingkan dengan musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan pada musim kemarau, padang savana di Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga kuda-kuda liar akan lebih aktif merumput di luar hutan untuk mencari makan.

Padang Puri Kambera (Foto; Indonesia Kaya)

Kuda liar ini sangatlah peka, jadi bagi yang ingin mendekati lebih dekat lagi gerombolan kuda ini haruslah ekstra pelan-pelan agar mereka tidak langsung bergerak menjauh. Siapkan segera kamera Anda untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 80 kali

x