Manggarai

Jumat, 14 Februari 2020 - 14:22 WIB

4 bulan yang lalu

logo

_Doro Pacingi_ alias Batu Meringis atau _Wince Stone_ adalah batu yang nampak Meringis di atas bukit di sisi Timur kota Reo, di tepi sungai Wae Pesi (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

_Doro Pacingi_ alias Batu Meringis atau _Wince Stone_ adalah batu yang nampak Meringis di atas bukit di sisi Timur kota Reo, di tepi sungai Wae Pesi (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Doro Pacingi, Wince Stone Simbol Kesetiaan di Sisi Timur Kota Reo

Floreseditorial.com, Ruteng – Untuk menjaga keharmonisan dalam sebuah hubungan tentunya diperlukan kesetiaan.

Kesetiaan ini pun terpancar dari sebuah legenda Doro Pacingi yang merupakan sebuah batu di pegunungan sebelah timur sungai Wae Pesi di Kota Reo, Kabupaten Manggarai.

Ya.. Keindahan alam Flores Nusa Tenggara Timur seakan tiada terbantahkan. Beberapa keindahan alam yang terdapat di Provinsi kepulauan itu seakan terus memberikan kesan bahwa masih banyak objek wisata di Pulau Flores yang belum diketahui publik.

Selain Pulau Komodo yang berada di Kabupaten Manggarai Barat dan _Watu Pari Woja_ yang ada di Kabupaten Manggarai Timur, kali ini objek wisata baru kembali ditemukan tepatnya di sisi Timur Kota Reo, kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Doro Pacingi alias Batu Meringis atau Wince Stone adalah batu yang nampak Meringis di atas bukit di sisi Timur kota Reo, di tepi sungai Wae Pesi. (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Meski sebenarnya objek wisata ini bagi warga setempat bukan merupakan hal yang baru. Ya… tempat itu adalah Doro Pacingi.

Menurut masyarakat setempat Doro Pacingi atau Wince Stone (Batu Meringis) memiliki ceritanya tersendiri. Konon batu itu adalah perwujudan Seorang wanita yang setia menunggu kedatangan sang pujaan hati yang tak kunjung pulang.

Penatian panjang sang wanita bahkan membuat dirinya membatu ditempat ia menanti kedatangan kekasihnya sambil terus tersenyum berharap sang pujaan hatinya pulang.

Doro Pacingi alias Batu Meringis atau Wince Stone adalah batu yang nampak Meringis di atas bukit di sisi Timur kota Reo, di tepi sungai Wae Pesi.

Untuk menuju ke tempat ini anda harus mendatangi Kabupaten Manggarai tepatnya di kota Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Selain itu, Setiap orang yang mengunjungi puncak batu ini akan meringis. Selain terik mentari yang membakar kulit, jalan menuju tempat ini cukup menguras tenaga.

Para pengunjung akan bermandikan keringat dan meringis. Kendati demikian, batu meringis menjanjikan sejuta rasa. Di puncak batu ini anda tidak akan meringis melainkan terseyum karena kesejukan dan keindahan alam kota Reo.

Doro Pacingi ini salah satu daya tarik wisata di kawasan Reo dan sekitarnya, di samping sungai Wae Pesi yang sangat cocok untuk pengembangan Wisata Sungai _(River Tourism)_.

Di tempat ini bisa digelar dua event sekaligus. Festival Perahu Sungai dan Festival Senyum/Tertawa/Meringis. Dalam Festival ini bisa diperlombakan Senyum dan Tawa yang paling menarik.

Sayangnya, pemerintah masih tertidur di saat batu ini menanti untuk diolah menjadi objek wisata.

Oya.. Bagaimana dengan kesetiaan pada pasangan mu? Batu aja setia menanti sang kekasih, apalagi kamu.

Happy Valentine Day

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 1709 kali

Baca Lainnya
x