Ende

Rabu, 19 Agustus 2020 - 10:39 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Pemandangan berupa perbukitan dan laut biru lepas yang dapat dinikmati dari atas Bukit Lia Ga. (Foto: Rian Laka)

Pemandangan berupa perbukitan dan laut biru lepas yang dapat dinikmati dari atas Bukit Lia Ga. (Foto: Rian Laka)

Lia Ga dan Potensi Pariwisata Ende

Siapa yang tidak tahu Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores, NTT? Destinasi pariwisata yang perlahan mendunia karena keindahan dan keanekaragaman wisatanya. Tapi, wisata Flores tidak hanya ada di Labuan Bajo, Mabar. Perairan Laut Utara Flores, Kabupaten Ende juga menyimpan keindahan pariwisata yang tak kalah menakjubkan.

Sebut saja, Lia Ga. Sebuah daya tarik wisata perbukitan dengan landscape alam pegunungan dan view lautan biru membentang. Tepatnya di perairan Laut Utara Flores, Desa Kotabaru, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende, Bukit Lia Ga, dengan gagahnya memantik kekaguman siapa saja yang mengunjunginya.

Arkadius Aku Suka, pemuda Pantai Utara, Desa Aewora, Kecamatan Maurole, meyakini, wisata Lia Ga merupakan salah satu daya tarik wisata di Pantai Utara Ende yang akan menjadi rival pariwisata Labuan Bajo, Mabar.

Lia Ga yang masih sangat alami ini, belum disentuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ende. Jika pembangunan infrastruktur serta fasilitas pendukung lainnya mulai dibangun dan ditata dengan baik, niscaya, Lia Ga, perlahan akan menjadi daya tarik wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Lia Ga, dengan segala keindahan dan keelokan yang memikat hati, dapat mematik perhatian para wisatwan domestik maupun mancanegara, berbondong-bondong datang menyaksikan mahakarya Pencipta ini.

Pemandangan berupa perbukitan dan laut biru lepas yang dapat dinikmati dari atas Bukit Lia Ga. (Foto: Rian Laka)

Bukit Indah Lainnya

Selain keindahan alam dan pesona pemandangan laut lepas di Bukit Lia Ga, masih ada bukit-bukit yang tak kalah indahnya di sekitar kawasan Bukit Lia Ga.

Sebut saja Bukit Pabanama, Bukit Aewa serta bukit lainnya yang ada di perairan Laut Utara Flores, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende. Sungguh kekayaan alam yang melumat rasa syukur.

Semua bukit itu, terbilang sangat luar biasa. Sebab, akan menjadi daya tarik wisata baru yang dapat mendukung dan menopang pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Masyarakat sekitar berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, melalui Dinas Pariwisata dan stakeholder lainnya, dapat bergerak cepat dalam menumbuh kembangkan aset wisata Lia Ga dan wisata lain di sekitarnya yang ada di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende.

Perkembangan pariwisata di Kabupaten Ende juga diharapkan menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat lokal, dengan menerapkan pariwisata berbasis masyarakat dan menempatkan masyarakat lokal sebagai pelaku utama pariwisata tersebut.

“Ya, jika tidak segera ditata, dari sisi bisnis pariwisata, Kabupaten Ende akan terbelakang dari kabupaten lainnya di Flores,” tutup Arkadius. (Rian Laka)

Artikel ini telah dibaca 583 kali

Baca Lainnya
x