Manggarai Barat

Minggu, 13 September 2020 - 04:13 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Pulau Mauwan. (Foto: Arie Putra)

Pulau Mauwan. (Foto: Arie Putra)

Pulau Mauwan yang Menawan

Oleh Arie Putra*

Taman Nasional Komodo yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dikenal dunia karena satwa langka Komodo (Varanus komodoensis) dan bentangan alamnya yang eksotis. Hampir setiap pulau yang sudah menjadi destinasi unggulan di wilayah ini, mengundang decak kagum para pelancong dari seluruh dunia.

Terdapat pula banyak pulau-pulau indah nan mengagumkan dengan keunikannya masing-masing. Bahkan, beberapa pulau tersebut telah menjadi ikon pariwisata di Labuan Bajo. Banyak pulau-pulau di dalam wilayah Taman Nasional Komodo yang keindahannya menyedot ribuan pencinta traveling untuk datang.

Selain pulau-pulau yang telah tersohor itu, ada juga pulau yang masih jarang di singgahi para wisatawan dalam program tour. Pantainya berpasir putih, dipadu karang merah yang telah dihancurkan arus dan gelombang. Sepanjang pantai yang tidak lebih dari 200 meter panjangnya, tumbuh beberapa rumpun Pohon Santigi (Pemphis acidula). Pohon ini menjadi tempat berlindung jika terik matahari menyengat.

Pulau menawan ini bernama Mauwan. Terletak berdekatan dengan Taka Makasar dan Manta Point. Dua tempat terakhir ini telah lama masuk dalam program tour.

Letak Pulau Mauwan yang berdekatan dengan pulau-pulau tersebut, sebenarnya dapat memudahkan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Selain pantai berpasir putih, karang-karang di pulau ini memanjakan mata. Ada berbagai jenis ikan seperti Clown fish, Banggai, Lion fish, Blue Devil, dan Butterfly fish yang mudah ditemukan saat aktivitas snorkeling.

Jika memiliki sedikit keberanian dan nyali, mendaki ke atas bebatuan di Pulau Mauwan merupakan tantangan tersendiri. View dari atas bebatuan mengarah ke Pulau Komodo, Pulau Padar dan pulau Rinca, begitu menakjubkan. Semilir angin laut dengan aroma khas alamnya, sungguh menenteramkan jiwa.

Untuk bisa mengunjungi Pulau Mauwan, ada dua program tour yang bisa dipilih. Pertama, tour sehari dengan speed boat. Dalam tour ini, wisatawan akan sekaligus mengunjungi Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pink Beach. Pulau Mauwan akan menjadi tempat terakhir sebelum pulang ke Labuan Bajo. Pilihan kedua, tour menginap di kapal (live on board). Tour ini sifatnya lebih fleksibel karena wisatawan lebih leluasa mengitari Taman Nasional Komodo. Kapal yang digunakan adalah kapal kayu dengan beragam jenis dan ukuran.

Dengan memilih salah satu program tour ini, wisatawan akan mudah mengunjungi Pulau Mauwan. Eksotisme Mauwan akan menahan setiap jejak langkah untuk tak segera beranjak pergi. Karena itu, jika Anda ke Mauwan, bersiaplah untuk menjadi tawanan keindahannya.

*Penulis; Tour Guide di Labuan Bajo

Artikel ini telah dibaca 228 kali

Baca Lainnya
x