Manggarai Barat

Jumat, 13 November 2020 - 06:45 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Prosesi penerimaan pengantin perempuan di Paang atau cabang masuk kampung dari keluarga pengantin laki-laki. (Foto: FEC Media)

Prosesi penerimaan pengantin perempuan di Paang atau cabang masuk kampung dari keluarga pengantin laki-laki. (Foto: FEC Media)

Ratusan Warga Jemput Menantu Wakil Tua Golo Tado

Sejak Minggu (8/11/2020) pagi, rangkaian prosesi pernikahan, Edward Reza Prima, Putra ke-2 Wakil Tua Golo Tado, yang menikahi Putri berdarah Keraton Yogyakarta, Angela Anin S. Scarlet, dimulai.

Resepsi nikah yang dilaksanakan pada Minggu (8/11/2020) di Yogyakarta, dilanjutkan dengan penjemputan menantu baru secara adat Manggarai atau Curu Wote Weru, berlangsung di Kampung Pusut, Desa Golo Leleng, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, pada Rabu (11/11/2020).

Terpantau media ini, ratusan warga bersiap menjemput dan menyambut calon menantu Wakil Tua Golo Tado itu.

Calon menantu Wakil Tua Golo Tado, Angela Anin S. Scarlet, dijemput warga di Paang atau cabang masuk kampung, dengan serangkaian upacara adat Manggarai.

Prosesi injak telur atau Weda Ruha bagi pengantin perempuan, yang menandakan bahwa pengantin perempuan resmi menjadi bagian dari keluarga besar pengantin laki-laki. (Foto: FEC Media)

Tiba di Paang, rombongan pengantin perempuan telah dinantikan kerumunan warga. Mereka sangat antusias menyaksikan sekaligus mengabadikan momen itu.

Di Paang itu, pengantin perempuan disambut mertua, Wakil Tua Golo Tado, Yohanes Jon, bersama keluarga besar Golo Tado dan warga lainnya. Selanjutnya, diantar menuju rumah untuk menjalani prosesi Weda Ruha, yang menandakan pengantin perempuan resmi menjadi bagian dari keluarga laki-laki.

Tua Golo Tado, Yoseph Tote, mengatakan, dahulu kala, prosesi adat seperti ini akan memakan waktu berhari-hari. Namun, lambat laun prosesi Weda Ruha Curu Wote Weru ini dipersingkat menjadi satu hari.

“Karena kesibukan pengantin dan tuntutan zaman, prosesi ini dipersingkat. Meski demikian, seluruh pakem tetap dijalankan,” paparnya, Kamis (12/11/2020), di Kampung Pusut. (*)

Rangkaian prosesi adat ditutup dengan pementasan Tarian Caci adat Manggarai. (Foto: FEC Media)

Artikel ini telah dibaca 168 kali

Baca Lainnya
x