Menu

Mode Gelap

Wisata Alam WITA ·

Air Terjun Pangkadari, ‘Firdaus’ Belum Terjamah


 Pesona Air Terjun Pangkadari. (Foto: FEC Media) Perbesar

Pesona Air Terjun Pangkadari. (Foto: FEC Media)

Cibal Barat, floreseditorial.com – Air Terjun Pangkadari, terletak di Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Mahakarya alam semesta yang menakjubkan. Firdaus yang tersembunyi di Desa Wae Codi. Belum terjamah siapa pun.

Dari Ruteng menuju Pagal, Kecamatan Cibal melintasi ruas jalan Ruteng-Reo, sekira 21 Km. Tiba di pertigaan Golo Nggorong, Pagal menuju Desa Wae Codi menempuh perjalanan sekitar 6 Km melintasi Desa Compang Cibal. Kondisi jalan beraspal hingga bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Saat melintasi jalur ini, Anda perlu extra hati-hati sebab kondisi jalannya berliku-liku. Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang memesona.

Perjalanan wisata Anda makin lengkap saat tiba di Kampung Raci. Pasalnya, warga di kampung ini menyapa kedatangan Anda dengan ramah dan penuh kepolosan. Dari Kampung Raci, sekitar 2 Km melintasi jalan setapak menuju lokasi Air Terjun Pangkadari.

Menuju lokasi ini, ada baiknya Anda membawa air mineral untuk menyegarkan dahaga selama perjalanan.

Dalam perjalanan, pengunjung biasanya ditemani warga lokal selaku penunjuk jalan agar perjalanan Anda mulus sampai di tempat tujuan. Kondisi jalan tani yang tertata batu-batu alam di tengah hamparan persawahan warga. Melintasi jalan setapak ini, Anda pasti menikmati pengalaman yang berkesan karena keunikannya.

Untuk sementara ini, belum ada pungutan biaya masuk ke destinasi ini. Kunjungan Anda menikmati Air Terjun Pangkadari, gratis.

Melintasi pematang sawah tanpa terasa, Anda tiba di Air Terjun Pangkadari yang tingginya kurang lebih 30 M ini.

Tiba di tempat ini, terserah Anda mau buat apa. Kami hanya memberi panduan bahwa Anda boleh berenang sepuas hati. Selfie bersama pasangan atau teman-teman dan keluarga Anda tak masalah. Alam Pangkadari sangat bersahabat dengan Anda. Alami, sejuk dan asri.

Belum dijamah pemerintah

Febri, salah seorang warga setempat kepada floreseditorial.com, Selasa (30/6/2020), mengatakan, destinasi Air Terjun Pangkadari belum pernah dijamah pemerintah setempat.

“Belum ada perhatian pemerintah terhadap keberadaan air terjun ini, sehingga belum diperkenalkan kepada masyarakat umum atau belum ada promosi”, aku Febri.

Minimnya promosi, kata Febri, memengaruhi kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut. Pengunjung yang datang sebagian besar adalah warga sekitar Desa Wae Codi saja.

“Saya berharap kepada rekan-rekan media dan para pelaku wisata, untuk membantu kami memperkenalkan salah satu aset kami di sini kepada masyarakat luar, hingga menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi”, pinta Febri.

Kepada pengunjung, Dia juga berharap tidak membuang sampah sembarang karena di lokasi ini belum ada penyediaan tempat sampah. *(Tim Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 361 kali

Baca Lainnya

Merayakan Mekarnya Naru, Sakura Cantik dari Ruteng

16 Oktober 2021 - 00:19 WITA

Ritual Barong Wae dan Barong Lodok Budaya Manggarai

24 November 2020 - 15:25 WITA

Pesona Air Terjun Ogi di Kabupaten Ngada

17 November 2020 - 06:09 WITA

Ratusan Warga Jemput Menantu Wakil Tua Golo Tado

13 November 2020 - 06:45 WITA

Menikmati Keindahan Alam Manggarai Timur di Air Terjun Rana Mese

12 Oktober 2020 - 20:10 WITA

Pulau Mauwan yang Menawan

13 September 2020 - 04:13 WITA

Trending di Wisata Pilihan
x