Menu

Mode Gelap

Wisata Alam WITA ·

Menikmati Keindahan Alam Manggarai Timur di Air Terjun Rana Mese


 Air Terjun Rana Mese. (Foto: FEC Media) Perbesar

Air Terjun Rana Mese. (Foto: FEC Media)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com – Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat indah. Tak hanya Danau Rana Tonjong, tanah Lawe Lujang ini ternyata memiliki tempat liburan yang asyik nan asri. Air Terjun Rana Mese, bisa jadi pilihan Anda untuk menghabiskan akhir pekan dengan petualangan yang menantang.

Terletak di Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Matim, destinasi ini berjarak 30 Km dari pusat Kota Borong. Untuk bisa datang ke tempat ini, Anda perlu menempuh waktu satu jam dari Kota Borong, menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Dengan hanya membayar Rp 5.000, Anda sudah dapat menikmati sejuknya udara alam nan asri, gagahnya air terjun setinggi 10 meter di tengah tebing yang kokoh, serta syahdunya Danau Rana Mese dengan hamparan landscape hijau hutan sejauh mata memandang.

Sebelum sampai ke areal air terjun, Anda akan menyusuri hutan wisata yang menjadi komoditas Provinsi NTT. Selanjutnya, Anda akan berhenti di tempat parkir, sebelum melanjutkan perjalanan dengan tracking yang dijamin akan membuat Anda rileks.

Sepanjang 200 meter perjalanan menuju air terjun, Anda akan dilingkupi dengan sejuk dan asrinya hutan yang masih sangat alami. Walau sedikit curam, namun jangan khawatir, pemerintah setempat sudah memperbaiki jalur tracking tersebut dengan membuat titian tangga agar lebih mudah diakses oleh pengunjung.

Sepanjang perjalanan itu pula, Anda akan banyak menemukan tanaman langka bernilai puluhan juta rupiah, seperti monstera dan anggrek hutan.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 menit, rasa lelah Anda akan terbayar dengan melihat dan mendengar deburan Air Terjun Rana Mese yang jernih dan menyejukkan.

Air dari danau yang berada di atas tebing, langsung terjun dengan derasnya ke dalam lembah. Percikan air yang jatuh, akan membuat Anda rileks dan segar kembali. Pohon-pohon rindang yang melingkupi air terjun itu, akan menambah sensasi yang sangat menentramkan.

Di lokasi ini, Anda dapat melakukan berbagai aktifitas seperti berenang, berswafoto, menikmati bekal, ataupun hanya sekadar mengagumi dan menghayati keindahan ciptaan Tuhan itu. (*)

Artikel ini telah dibaca 269 kali

Baca Lainnya

Merayakan Mekarnya Naru, Sakura Cantik dari Ruteng

16 Oktober 2021 - 00:19 WITA

Ritual Barong Wae dan Barong Lodok Budaya Manggarai

24 November 2020 - 15:25 WITA

Pesona Air Terjun Ogi di Kabupaten Ngada

17 November 2020 - 06:09 WITA

Ratusan Warga Jemput Menantu Wakil Tua Golo Tado

13 November 2020 - 06:45 WITA

Pulau Mauwan yang Menawan

13 September 2020 - 04:13 WITA

Cunca Kuang, Surga Tersembunyi di Desa Bangka Kantar

7 September 2020 - 05:54 WITA

Trending di Desa Wisata
x