Menu

Mode Gelap

Desa Wisata WITA ·

Menikmati Sensasi Air Terjun Tiwu Wali


 Air terjun Tiwu Wali yang terletak di Desa Ruis, Kecamatan Reok Barat. (Foto: Hironimus Dale) Perbesar

Air terjun Tiwu Wali yang terletak di Desa Ruis, Kecamatan Reok Barat. (Foto: Hironimus Dale)

Ruteng, floreseditorial.com – Mungkin banyak warga Manggarai raya belum pernah ke tempat yang satu ini. Air terjun Tiwu Wali. Merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawarkan sensasi tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Air terjun Tiwu Wali terdapat di Desa Ruis, Kecamatan Reok. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau roda empat dari kota dingin Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai.

Tiba di Reo, Anda menuju Desa Ruis dengan menggunakan angkutan pribadi atau umum. Di sepanjang perjalanan, Anda disuguhi pemandangan indah. Untuk mencapai air terjun Tiwu Wali, Anda harus berjalan kaki sekitar 20 menit menelusuri hutan Timbo yang sejuk. Perjalanan Anda kian mengasyikkan, menikmati sejuknya rindangan pohon diiringi siulan aneka burung.

Setelah melintasi hutan Timbo, Anda akan disambut oleh desiran air Tiwu Wali, layaknya sedang berada di taman Eden pada kiah kitab suci perjanjian lama masa Adam dan Hawa. Cuaca sejuk dan segar seketika menyembul dari panorama alam air terjun Tiwu Wali yang pesona.

Air terjun Tiwu Wali yang terletak di Desa Ruis, Kecamatan Reok Barat. (Foto: Hironimus Dale)

Air terjun Tiwu Wali terdiri dari dua tingkat dengan rupa air yang bening dan terdapat kolam mungil nan eksotik. Pengunjung dapat duduk sambil bercengkerama di atas bebatuan alam menyerupai kursi, sangat tepat untuk bersemadi sambil menikmati desiran air. Kesan natural Tiwu Wali segera dirasakan. Anda tidak perlu khwatir terjatuh karena kondisi bebatuan Tiwu Wali tidak berlumut atau licin.

“Batu-batu itu seperti tersusun rapih secara alami sejak berabad-abad lalu,” kata Paulus Nurung, tokoh adat Kampung Wae Tenda yang ditemui floreseditorial.com, Minggu pekan lalu.

Konon, menurut cerita tetua adat setempat, air terjun Tiwu Wali banyak menyimpan sejarah budaya Manggarai. Pada ratusan tahun lalu, air terjun Tiwu Wali dijadikan tempat pemandian Raja Goa dari Sulawesi dan Raja Bima dari NTB yang pernah menguasai Manggarai kala itu. Kedua raja menjadikan kolam air terjun Tiwu Wali sebagai tempat pemandian.
Di Tiwu Wali banyak terdapat ikan kecil yang oleh orang Manggarai disebut ‘ipung‘. Menjelang musim hujan, ipung selalu memenuhi kolam Tiwu Wali. Diyakini, ipung merupakan penjelmaan dewa yang akan memberikan berkah leluhur bagi seluruh Kampung Wae Tenda. Olehnya, setiap tahun selalu dibuatkan ritual syukuran dengan memberikan persembahan sebagai ganti atau wali dalam bahasa Manggarai atas berkat yang telah mereka terima.

Menurut cerita rakyat setempat, kolam yang tersusun dua tingkat tersebut, mengisahkan sepasang suami Istri yang pernah tenggelam di lokasi tersebut. Mereka tenggelam lantaran tidak melakukan ritual syukuran setelah menangkap ipung. Istrinya tenggelam di kolam bagian atas dan suaminya tenggelam di kolam bagian bawah.

Objek wisata Tiwu Wali merupakan salah satu objek wisata alam yang kini masih sangat “perawan” lantaran belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Namun, menurut penuturan orang-orang tua di kampung itu, wisatawan mancanegara pernah datang ke sana berkat promosi yang dilakukan oleh misionaris asing yakni, Pater Foyensiak, SVD dan Suster Frigula, pada tahun 1940-an.

Air terjun Tiwu Wali terdiri dari dua bagian yakni, bagian atas dengan luas 10 x 22 meter dengan kedalaman sekitar 4 meter. Sedangkan kolam bagian bawah berukuran 15 x 20 meter dengan kedalaman mencapai 10 meter. Kini, banyak wisatawan lokal mulai mengunjungi air terjun Tiwu Wali terutama di masa-masa pandemi corona. (Hironimus Dale)

Artikel ini telah dibaca 296 kali

Baca Lainnya

Merayakan Mekarnya Naru, Sakura Cantik dari Ruteng

16 Oktober 2021 - 00:19 WITA

Ritual Barong Wae dan Barong Lodok Budaya Manggarai

24 November 2020 - 15:25 WITA

Pesona Air Terjun Ogi di Kabupaten Ngada

17 November 2020 - 06:09 WITA

Ratusan Warga Jemput Menantu Wakil Tua Golo Tado

13 November 2020 - 06:45 WITA

Menikmati Keindahan Alam Manggarai Timur di Air Terjun Rana Mese

12 Oktober 2020 - 20:10 WITA

Pulau Mauwan yang Menawan

13 September 2020 - 04:13 WITA

Trending di Wisata Pilihan
x